Pemandu Perjalanan

Hidup kita adalah sebuah perjalanan yang membawa kita ke puncak keberhasilan dan juga di lembah keputus-asaan. Jika belum pernah alami keduanya, akan sulit bagi kita untuk menghargai segala sesuatunya dengan baik. Tuhan Allah telah memberikan kepada kita sahabat untuk menemani di sepanjang perjalanan hidup ini. Kita bisa 'berbagi hati' di saat kemenangan dan juga disaat alami kekalahan. Dan Yesus Kristus adalah 'sahabat sejati', pemandu perjalanan menuju ke tujuan yang terakhir. Dia membuat kita layak melangkah di sepanjang perjalanan yg megah ini.

Rabu, 01 September 2010

Cangkir dan Ember Berkat

"Para imam akan Kupuaskan dgn makanan berkelimpahan; dan semua yg umat-Ku perlukan akan Kuberikan. Aku, Tuhan, yg mengatakan." (Yeremia 31:14, BIS).

Apa yg kita percayai hari ini? Apa yg kita harapkan hari ini? Semua itu akan menentukan tindakan kasih kita.

Jika kita punya sebuah cangkir kosong, Tuhan akan mengisi cangkir itu dgn 'air' berkat hingga cangkir itu penuh. Dan jika kita telah memiliki sebuah ember, Tuhan juga akan mengisi ember itu dgn berkat-Nya, hingga ember itu penuh. Tuhan tidak akan pernah salah mengisi 'air' berkat-Nya pada sebuah cangkir atau pada sebuah ember. Kita pun tidak akan bisa memiliki 'ember' jika 'cangkir' kita belum penuh. Artinya, apapun yg kita miliki saat ini adalah sebuah ukuran iman dan pengharapan yg ada pd diri kita. Itu adalah ukuran yg tepat bagi Tuhan utk memenuhinya dgn berkat-Nya. Jadi, apapun yg kita miliki saat ini, Tuhan tetap mengisi dgn berkat-Nya hingga penuh.

Mari kita pikirkan hal yg sederhana, jika kita tidak menggunakan isi 'air' berkat di dalam cangkir atau ember kita, aliran air berkat yg Tuhan curahkan akan berhenti.
Sadari keterbatasan kemampuan yg kita miliki, air berkat yg dicurahkan utk sebuah ember, tidak akan bisa ditampung seluruhnya di dalam sebuah cangkir.
Semakin sering kita membagikan isi air berkat itu kepada orang lain, aliran air berkat akan terus memenuhi isinya kembali.

Tuhan Yesus Memberkati.