Pemandu Perjalanan

Hidup kita adalah sebuah perjalanan yang membawa kita ke puncak keberhasilan dan juga di lembah keputus-asaan. Jika belum pernah alami keduanya, akan sulit bagi kita untuk menghargai segala sesuatunya dengan baik. Tuhan Allah telah memberikan kepada kita sahabat untuk menemani di sepanjang perjalanan hidup ini. Kita bisa 'berbagi hati' di saat kemenangan dan juga disaat alami kekalahan. Dan Yesus Kristus adalah 'sahabat sejati', pemandu perjalanan menuju ke tujuan yang terakhir. Dia membuat kita layak melangkah di sepanjang perjalanan yg megah ini.

Rabu, 22 September 2010

Dari Dalam Hati dan Pikiran

"Yang terutama sekali, jagalah hatimu karena hatimu mempengaruhi segala sesuatu dalam hidupmu." (Amsal 4:23, FAYH)

Kita selalu menyimpan sebuah pemikiran di dlm hati kita, di setiap langkah kita. Apa saja yg kita pikirkan, selalu berasa dari dalam diri kita. Dari sikap hati dan isi hati kita akan mengalirkan dan memancarkan ke dalam pikiran, hingga menjadi sebuah pemikiran yg membentuk karakter. Itu sebabnya, pikiran; pola pikir kita mempengaruhi kehidupan kita.

  • Penafsiran mempengaruhi baik-buruknya sebuah keadaan kita .
Cara kita bereaksi terhadap setiap kejadian di perjalanan hidup ini akan menentukan keadaan itu, membuat kita lebih baik atau buruk. Kita bisa melihatnya menjadi sebuah hambatan (batu sandungan) atau kesempatan untuk bertumbuh (batu loncatan).

  • Keyakinan(Iman) akan mempengaruhi baik-buruknya tindakan kita.
Kita selalu bertindak sesuai dgn apa yg kita yakini, sekalipun mgkin apa yg kita yakini itu bukan kebenaran. Mis.: Saat kita masih kecil, kita yakin jika bayangan2 di kamar tidur itu adalah monster/raksasa.Saat itu kita bereaksi(adrenalin)tinggi didlm ketakutan/kegelisahan,meskipun itu salah. Penting sekali bagi kita utk memastikan diri memiliki pengertian yg baik thd pengetahuan & kebenaran. Keyakinan dan pengenalan(hubungan) yg sejati pd Tuhan; keyakinan tentang diri kita sendiri serta keyakinan pada pengertian tujuan hidup kita, akan mempengaruhi sikap perilaku kita, saat ini dan kelak.

Tuhan Yesus Memberkati.